Langsung ke konten utama

Perbedaan kata also, too, either, neither dalam arti “juga”






Mungkin saat anda belajar menerjemahkan kalimat inggris anda pernah menemui empat kata diatas, lalu ketika diterjemahkan mereka mempunyai arti yang sama yaitu “juga”. Tahukah anda bahwa empat kata diatas mempunyai perbedaan baik letak kata didalam kalimat maupun fungsinya. Berikut penjelasannya, tapi saya akan memulai dari kata “also” dulu:
1.     Also, kata “also” jika diterjemahkan dalam kamus mempunyai arti “ juga / pula / pun”, kata ini dipakai dalam kalimat positif, contoh:
“I have a watch, and you  also have a watch” artinya  “saya punya sebuah jam, dan anda juga punya sebuah jam”
jadi jika anda ingin menggunakan kata ini dalam kalimat negative maka tambahkanlah kata not didepan also, contoh:
  “I have not a watch, and you not  also have a watch” artinya  “saya tidak punya sebuah jam, dan anda juga tidak punya sebuah jam”

2.     Too, kata “too” jika diterjemahkan dalam kamus mempunyai arti “juga / terlalu / sekali”, namun karena focus kali ini adalah dalam arti “juga” saya tidak akan membahas arti yang lainya. Kata “too” sebenarnya mempunyai arti yang sama dengan kata “also” yaitu “juga” dalam bentuk positif, tetapi hanya peletakannya katanya saja yang berbeda yaitu diakhir kalimat, contoh:
“I have a watch, and you have a watch too” artinya “saya punya sebuah jam dan anda punya sebuah jam juga”
Jadi hanya perbedaan letaknya saja, namun perlu diperhatikan jika anda memenemukan kata “too” di tengah kalimat itu bisa jadi artinya buka “juga” tetapi “terlalu”, contoh
“I have a watch, and you have too many watches” artinya “saya punya sebuah jam, dan anda punya terlalu banyak jam”

3.     Either, kata “either” jika diterjemahkan dalam kamus artinya “tidak juga / salah satu / tiap”, sekali lagi saya hanya membahas dalam arti “juga”, jadi tidak akan dibahas makna yang lainnya. Kata “either” mempunyai arti “juga” dan digunakan dalam kalimat negative dan peletakannya dibelakang kalimat, contoh:
“I have not a watch and you have not a watch either” artinya “saya tidak punya sebuah jam dan anda  tidak punya sebuah jam juga”

4.     Neither, kata “neither” jika diter jemahkan dalam kamus artinya “tidak juga / maupun”. Kata ini sudah dalam bentuk negatif jadi tidak perlu penambahan kata “not”, contoh:
“I have not a watch, and neiter have you” artinya “saya tidak punya jam, tidak juga anda”


Komentar