Langsung ke konten utama

Dasar-dasar Atom


Dasar-dasar atom

 Artikel dibawah ini saya buat dengan tujuan menjadi rujukan pertama terhadap apa yang harus pertama kali dipelajari jika anda berminat belajar listrik. Isi dari artikel ini berisi bahasan dasar-dasar atom yang saya khususkan untuk bahasan mengenai listrik. Baik, saya akan memulai dari membahas apa itu atom.


Pengertian atom

Atom merupakan bagian terkecil dari suatu benda yang sudah tidak bisa dipecahkan lagi dengan proses fisika biasa. Dengan proses fisika biasa maksudnya seperti dipukul, dipotong dan proses fisik lainnya. Lalu bagaimana cara memecahkan atom?? Bisa dengan diproses secara kimia, tapi dalam artikel ini saya tidak perlu membahas proses kimia tersebut, karena nanti  akan membingungkan kita dan membuat tidak fokus belajar listrik.

Gambar 1: ilustrasi benda yang diperbesar hingga terlihat atomnya

Apakah isi dari atom jika atom bisa dipecahkan?

Jika atom bisa dipecahkan maka atom akan terlihat susunan beberapa bagian kecil lagi. Bagian tersebut adalah elektron, proton dan neutron, (kecuali atom hidrogen hanya tersusun oleh proton dan neutron).  Letak elektron berada dilapisan terluar dari atom.

Gambar 2: Ilustrasi salah satu atom yang terlihat susunan elektron, proton dan neutron

Apa yang membedakan atom satu dengan lainnya berbeda?

          Atom memiliki banyak jenis dan kemungkinan suatu saat nanti jenisnya juga bisa bertambah lagi. Hal yang membedakan jenis atom satu dan atom lainnya adalah dari sisi jumlah elektron dan protonnya, kemudian untuk penamaannya adapat anda lihat pada tabel periodik. Misalkan, ada suatu atom diketahui mempunyai dua elektron dan dua proton. Karena memiliki dua proton berarti untuk melihat nama dari atom tersebut anda harus melihat tabel nomor dua dari tabel periodik dan kemudian anda akan mendapat nama bahwa atom tersebut bernama helium.

Gambar 3: Tabel Periodik

Atom normal dan tidak normal

          Pada atom normal jumlah elektron dan proton pada atom tersebut adalah sama. Misalkan protonnya ada 3 berarti elektronnya juga ada 3. Atom ini mempunyai istilah umum atom netral atau tidak bermuatan. Kemudian untuk kesederhanaan kita menyebut atom tersebut sebagai atom “netral” saja ya!
Nah, sekarang saya akan membahas atom tidak normal, yaitu atom yang jumlah elektron dan protonnya tidak sama dan atom ini mempunyai istilah umum atom bermuatan. Tetapi sebelum itu perhatikan dari struktur atom pada Gambar 2, bagian terluar dari atom adalah elektron. Jadi jika ada atom yang bermuatan pasti jumlah yang berubah adalah jumlah elektronnya, bukan prontonnya.
Jika jumlah elektronnya bertambah, maka atom tersebut kebanyakan elektron dan karena atom tersebut kebanyakan elektron maka atom tersebut disebut atom bermuatan negatif (lihat Gambar 4).

Gambar 4:  
 
Kemudian jika jumlah elektronnya berkurang, maka atom tersebut kebanyakan proton dan karena atom tersebut kebanyakan proton maka atom tersebut dinamanan atom bermuatan positif (lihat Gambar 5).

Gambar 5:

Tindakan atom bermuatan ketika didekatkan

          Tindakan atom bermuatan hampir mirip seperti magnet yaitu akan adanya tindakan tarik menarik. Tetapi bedanya pada atom yang ditarik bukan atomnya tetapi elektronnya seperti Gambar 6.

Gambar 6: Ilustrasi tarik menarik elektron

Ketika terjadi tindakan tarik menarik elektron hal tersebut dinamakan arus listrik. Jadi ketika terjadi arus listrik berarti terjadi pergerakan elektron. Tapi kenapa saya tidak bisa melihat elektron ketika ada kabel yang dialiri arus listrik? Karena, ukuran elektron lebih kecil dari pada ukuran proton, jadi kabel tersebut tidak terlihat perbedaan antara ketika dialiri arus dan tidak dialiri arus kecil. Kalau arus dalam penghantar diperbesar apa sudah bisa terlihat elektronnya? Tergantung penghantar dan ukuran penghantarnya, jika ukuran penghantar diperkecil dan arus yang mengalir diperbesar maka akan terjadi pemuaian pada penghantar, nah proses pemuaian ini dikarenakan elektronnya keluar dari struktur atomnya.
Tindakan tarik menarik elektron ini disebut oleh orang umum sebagai gaya, nah gaya tersebut hanya terjadi jika ada atom berbeda jenis yang didekatkan. Apa yang terjadi jika ada atom bemuatan sejenis saling berdekatan? Maka tidak terjadi tarik menarik elektron dan elektron tetap disimpan didalam atom.
Sekarang kita pertimbangkan kejadian terjadinya tarik menarik elektron dibaterai. Kita tahu bahwa baterai akan menghasilkan arus listrik ketika ada kabel yang dihubungkan dengan kutup positif dan negatif dari baterai, kenapa demikian? Sebelum menjawab pertanyaan itu kita ingat lagi bahwa kutup positif baterai adalah
Hal itu karena terjadi perpindahan sebagian atom bermuatan dibaterai dikabel diubah menjadi bermuatan positif dan sebagian atom lain dari kebel tersebut diubah menjadi bermuatan negatif, karena sebagian kebel diubah menjadi bermuatan positif dan negatif artinya ada muatan berbeda jenis yang saling berdekatan dan seketika itu juga terjadi tarik menarik elektron.

         

Komentar