Langsung ke konten utama

penjelasan Fungsi raw_input dipython




Fungsi raw_input adalah fungsi yang berguna untuk menerima input data dari user(pengguna) dan data tersebut akan selalu otomatis bertipe string meskipun anda memasukkan angka.  Misalnya anda memberikan input berupa angka  “44”, Maka data tersebut akan ditampung sebagai string utuh bukan sebagai nilai seperti integer, float dan lain-lainnya.
Untuk lebih jelasnya coba anda perhatikan berikut ini



Pada gambar diatas terlihat bahwa user menginput  angka 44. Ketika dicek tipenya angka tersebut bertipe str/string bukan integer, float atau yang lainnya. Hal itu terjadi karena semua data yang anda masukkan difungsi raw_input dianggap bertipe String.
String apabila dibuat perhitungan hasilnya tidak akan seperti perhitungan aritmatik, bahkan bisa juga bisa eror pada operasi hitung seperti perkalian, pembagian dan pengurangan. hal itu dapat anda lihat sebagai mana gambar ini.
 
 Dari gambar diatas terlihat bahwa operasi penjumlahan pada string tidak mengalami eror. Tetapi apa operasi perhitungan lainya mengalami eror. Hal itu terjadi karena data bertipe string.
Walaupun demikian,  fungsi raw_input juga bisa digunakan untuk operasi aritmatik. Caranya data tersebut dikonversikan  ke data integer,  float dan lain-lainya. Misalnya: anda ingin menjumlahkan angka satu dengan angka lainnya yang bertipe integer  untuk digunakan dalam operasi aritmatik. Maka source kodenya menjadi seperti di bawah ini:

Dari gambar diatas dapat anda lihat bahwa data yang didapat dari raw_input bisa dibuat perhitungan aritmatik jika data tersebut dideklarasikan dengan simbol tipedata( contohnya: “int”)  disebelah kiri nama input. Kemudian nama inputnya juga harus diapit simbol “ ( “ dan “ ) ”. dengan begitu inputan akan bisa dijumlahkan.
Lalu apabila anda ingin menggunakan data inputan untuk perhitungan yang lainnya lagi, maka anda harus melakukan mendeklarasikan lagi. Ingat data dari inputan di raw_input akan selalu bersifat string meskipun telah dikonversi.

Komentar