Langsung ke konten utama

Membuat terong( Eggplant) 3D dengan program anim8or




         
  Pada turtorial kali ini aku akan berbagi cara membuat pemodelan  terong. sayaakan mencoba menjelaskan lebih rincih dan mudah dimengerti.

            Oke tanpa panjang lebar aku akan langsung membahas caranya:
1. buka programnya, program ini portable jadi tidak perlu menginstal dan sebab itulah aku suka menggunakannya.
2.         ubah pandangan tampilannya menjadi pandangan atas(top) dengan cara pilih menu view lalupilih top
3.         buat rangka polygon dengan cara klik buid lalu N-Gon kemudian akan muncul  dialog pengisian, lalu isi kotak dengannilai 5. Setelah itu tekan dan seret kursor di lembar kerja.
Sehingga hasilnya akan seperti dibawah ini

4.         buat rangka poligont menjadi berisi (extrude)dengan cara klik build lalu extrude kemudian setelah itu akan  muncul dialog pengisian, isi kotak pertanyaannya seperti dibawah ini

5.         ubahpandanganyamenjadi front (depan), caranyaklik menu view lalupilih front
6.         buattampilan polygon menjadi wireframe (rangka), caranyaklik menu view lalu wire sehingga hasilnya seperti ini:

7.         ubah modus pengerjaan menjadi edit point,  caranya klik tombol ini
 
8.         kecilkan ukuran rangka polygon bagian atas, menjadi seperti ini

Caranya klik tombol seperti tombol dibawah ini( yang berwarna putihya!! ) kemudian tekan dan seret kursor di layar.

9.         ubah pandangan menjadi pandangan atas, klik menu view lalu pilih top
10.       tandai sebagian sisi polygon (sisi yang berwarwan kuning), caranya mudah hanya dengan klik kanan pada masing-masingsisi sehingga hasinya akan seperti ini.
 
11.       ubahpandanganmenjadipandangan front, caranyaklik menu view lalupilih front
12.       keluarkan (extrude) sisi yang telah ditandai, caranya klik tombol dibawah ini ( yang berwanaputihya !! ) 
 
lalu tekan dan seret kursor secara vertikal sehingga hasinya seperti ini.

13.       miringkan sisi yang telah di extrude, sehinggahasilnyaseperti ini

caranya tekan rotate face (tombol dibawah ini yang berwarna putihya,,) lalu tekan dan seret secara vertical.
   
14.       keluarkan (extrude) sisi miring tadi, caranya seperti carapadalangkah no 12.
15.       ubah pandanganmenjadipan dangan bottom, caranyaklik menu view lalu bottom
16        tandai sisi bawah seperti ini dengan klik kanan
17.       ubah pandangan menjadi pandangan front (caranyasepertilangkah no. 11) lalu extrude (caranyasepertilangkah no 12)
18.       haluskan permukaan agar tidak kelihatan kotak-kotak, caranya kembalikan dari modus edit poin ke modus edit (tombol editnya yang berwarna putihya)
Kemudian tekan build pilih convert to subdivided sehingga hasilnya akan seperti ini.
19.       buat lingkaran seperti ini
caranyatekan menu build lalupilih primitive lalu sphere kemudian tekan dan seret
20.       haluskan permukaan, caranya seperti langkah no 18
21.       kembalikan lagike mode edit point. Caranyaseperti langkah no 7
22.       tandai sebagian titik point pada lingkaran, caranyaklik tombol dibawah ini ( yang berwarna putihya) lalu tekandan seret diatas titik yang ingin ditandai
23.       tarik titik point keatas, caranya klik tombol dibawah ini
lalu tarik keatas maka hasilnya akan menjadi seperti tabung dibawah ini
25.       pindahkan gambar lingkaran yang baru saja anda buat kedalam gambar poligon yang anda modifikasi tadi , caranya tekan tombol dibawah ini
laluarahkankursor di atas gambar lingkaran kemudian tekan tombol keyboard m lalu arahkan kedalam gambar polygon. Sehingga hasilnya akan seperti ini.
Karena tulisan ini sudah banyak maka saya akan cukup sampai di sini. Sebenarnya saya masih bisa menjadikan gambar tersebut menjadi lebihnyata tapi agar karena menjadi semakin panjang maka aku hentikan cukup sampai disini.
Sekedar oleholeh, saya akan berikan hasil pekerjaan saya menggambar terong







Komentar