Pada turtorial kali ini aku akan berbagi cara membuat pemodelan terong. sayaakan mencoba menjelaskan lebih rincih dan mudah dimengerti.
Oke tanpa panjang lebar aku akan
langsung membahas caranya:
1. buka programnya, program ini portable
jadi tidak perlu menginstal dan sebab itulah aku suka menggunakannya.
2. ubah
pandangan tampilannya menjadi pandangan atas(top) dengan cara pilih menu view lalupilih
top
3. buat rangka polygon dengan cara klik buid lalu
N-Gon kemudian akan muncul dialog
pengisian, lalu isi kotak dengannilai 5. Setelah itu tekan dan seret kursor di
lembar kerja.
Sehingga hasilnya akan seperti dibawah ini
4. buat rangka poligont menjadi berisi (extrude)dengan cara klik
build lalu extrude kemudian setelah itu akan muncul dialog pengisian,
isi kotak pertanyaannya seperti dibawah ini
5. ubahpandanganyamenjadi front (depan),
caranyaklik menu view lalupilih front
6. buattampilan
polygon menjadi wireframe (rangka), caranyaklik menu view lalu wire
sehingga hasilnya seperti ini:
7. ubah modus pengerjaan menjadi edit point, caranya klik tombol ini
8. kecilkan ukuran rangka polygon bagian atas,
menjadi seperti ini
9. ubah pandangan menjadi pandangan atas, klik
menu view lalu pilih top
10. tandai sebagian sisi polygon (sisi yang
berwarwan kuning),
caranya mudah hanya dengan klik kanan pada masing-masingsisi sehingga hasinya akan seperti ini.
11. ubahpandanganmenjadipandangan
front, caranyaklik menu view lalupilih front
12. keluarkan
(extrude) sisi yang telah ditandai, caranya klik tombol dibawah ini ( yang
berwanaputihya !! )
lalu tekan dan seret kursor secara vertikal sehingga hasinya seperti ini.
13. miringkan sisi yang telah di extrude,
sehinggahasilnyaseperti ini
caranya tekan rotate face (tombol dibawah ini yang
berwarna putihya,,) lalu tekan dan seret secara vertical.
14. keluarkan (extrude) sisi miring tadi,
caranya seperti carapadalangkah no 12.
15. ubah pandanganmenjadipan dangan bottom,
caranyaklik menu view lalu bottom
16 tandai sisi bawah seperti ini dengan klik kanan
17. ubah pandangan menjadi pandangan front
(caranyasepertilangkah no. 11) lalu extrude
(caranyasepertilangkah no 12)
18. haluskan permukaan agar
tidak kelihatan kotak-kotak, caranya kembalikan dari modus edit poin ke modus edit
(tombol editnya yang berwarna putihya)
19. buat lingkaran seperti ini
caranyatekan menu build lalupilih primitive lalu
sphere kemudian tekan dan seret
20. haluskan permukaan,
caranya seperti langkah no 18
21. kembalikan lagike
mode edit point. Caranyaseperti langkah no 7
22. tandai sebagian titik
point pada lingkaran, caranyaklik tombol dibawah ini ( yang berwarna putihya) lalu tekandan seret diatas titik
yang ingin ditandai
lalu tarik keatas maka hasilnya akan menjadi seperti tabung dibawah ini
25. pindahkan gambar lingkaran
yang baru saja anda buat kedalam gambar poligon yang
anda modifikasi tadi , caranya tekan tombol dibawah ini
Karena tulisan ini sudah banyak maka saya akan cukup sampai di
sini. Sebenarnya saya masih bisa menjadikan gambar tersebut menjadi lebihnyata tapi agar
karena menjadi semakin panjang maka aku hentikan cukup sampai disini.
Sekedar oleholeh,
saya akan berikan hasil pekerjaan saya menggambar terong
Komentar
Posting Komentar