Langsung ke konten utama

Cara Membuat Springs / Coils / Threads Dengan Anim8or


    Pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat gambar spiral 3D, kalau saya menyebutnya “per”. Nah, agar tidak panjang lebar kita langsung saja pada langkah-langkahnya. Berikut dibawah ini adalah caranya ;
#atur gridnya menjadi seperti ini. Caranya klik options lalu grid. Kemudian isilah kolomnya seperti dibawah ini

#klik build lalu primitives lalu N-Gon kemudian isilah kolom valuenya menjadi 4

#lalu buat path persegi seperti dibawah ini, caranya tekan dan seret kursornya pada layarnya sehingga menjadi seperti ini

#Bubut path-nya, caranya klik build lalu lathe kemudian isilah kolomya seperti dibawah ini

#dan hasilnya akan seperti ini. Hapus persegi yg ditunjuk panah, caranya klik kiri pada persegi, lalu tekan tombol delet pada keyboard.
#Rubah tampilanya layarnya menjadi dua pandangan, caranya klik view lalu klik 2 view
#Lalu, ubah mode menjadi mode edit point, tampilan bingkai dan proses pengerjaan. caranya tekan 4 tombol dibawah ni

#Lalu hapus sebagian titik point lingkaranya, caranya tekan dan seret kursornya sampai seperti dibawah ini

#Lalu tekan tombol delete dan hasinya akan seperti ini

#Rubah lagi gridnya menjadi seperti dibawah ini

#Pada bagian ini memang membutuhkan kesabaran yaitu modifikasilah objeknya menjadi melengkung membentuk spiral, caranya pastikan tombol yang ditunjuk panah sedang aktif
#Lalu tandai titik point yang akan digeser dengan cara tekan dan seret pada layar seperti dibawah ini:


#Kemudian klik tombol m pada keyboard. Lalu tekan dan seret titik point yang ada pada pandangan front hingga seperti dibawah ini


#Dengan menggunakan langkah diatas modifikasilah objek sampai menjadi seperti dibawah ini:

#Salinlah objek tesebut dengan cara klik pada objek lalu tekan ctrl+c kemudian ctrl+v
#lalu putarlah objeknya sampai 180 derajat, caranya klik edit-rotate-rotate custom kemudian isilah kolom tersebut menjadi seperti ini


#dan hasilnya akan seperti ini


#lalu luruskanlah objek, caranya klik tombol move (m) dan hadilnya akan seperti ini



#dengan menggukan cara diatas jadikan objek menjadi seerti ini


#tekan yang di tunjuk oleh panah dibawah ini


#lalu ubahlah tampilanya menjadi ortogonal dengan cara klik view-ortogonal
#selesai

Komentar