Langsung ke konten utama

statistika


Pengertian statistika
Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pengumpulan data agar dapat mudah dibaca dan mudah diambil kesimpulan.
Istilah-istilah pada statistika
  • Statistik adalah segala informasi dari data
  • Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik. 
  • Data adalah kumpulan dari datum. 
  • Sempel adalah data yang benar-benar diuji.
  • Populasi adalah seluruh data yang diteliti baik yang dijadikan sempel atau tidak.
Statistika berdasarkan fungsinya:
  1. Pengumpulan seluruh data lalu disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami disebut statistik deskriptif. Contoh: seorang wali kelas mengumpulkan data nilai setiap mata pelajaran seorang siswa agar dapat diketahui nilai rata-rata raport setiap siswa. 
  2. Pengumpulan sebagian data yang diambil secara acak lalu diambil kesimpulan dari populasi yang diuji disebut statistik inferensi. Pada pengumpulan statistik inferensi bersifat ingin meramal semua data. Contoh: suatu perusahaan ingin menguji kualitas produknya, maka pengujian kualitas produk dilakukan dengan mengambil sempel secara acak lalu disimpulkan hasil dari pengujian tersebut.
Macam-macam cara dalam memperoleh data. 
  1.  Survey adalah suatu pertanyaan dengan pilihan yang telah ditentukan. Contoh :Ketua RT ingin menyelenggarakan lomba untuk warganya tapi dia belum tahu tanggapan warga, maka ia bertanya kepada warga dan meminta agar warganya menjawab setuju atau tidak. 
  2. Review adalah mengambil data dari sumber yang sudah ada. Contoh: Seorang siswa merangkum isi kitab kewarnegaraan.
  3. Observasi adalah mengambil data secara langsung dari penelitian. Contoh: seorang peneliti mencatat tinggi tumbuhan dalam waktu satu minggu.
Jenis-jenis data  
  1.  Data kuantatif adalah data yang diperoleh dengan mengukur dan menghintung.Data kuantatif dibagi dua: Data kuantatif kontinu (data yang diperoleh dari mengukur dengan alat)Contoh: kepala sekolah ingin mempunyai data berat badan semua siswanya, maka dia mengukur berat badan siswa-siswanya. Data kuantatif diskrit (data yang diperoleh dari menghitung satu persatu sehingga dapat diketahui banyaknya benda tersebut) Contoh: seorang satpam ingin menghitung banyaknya sepada ditempat parkirnya, maka dia harus menghitung sepedanya satu persatu. 
  2. Data kualitatif adalah diperoleh dengan cara menyimpulkan seluruh keadaan atau karakteristik data yang diteliti. Contoh: seorang wali kelas menyimpulkan kuliah favorit siswanya setelah lulus dari SMA ketika wali kelas selesai membaca seluruh data.

Komentar